Senin, 30 Januari 2017

Pengertian etiket, Manfaat etiket, Macam-Macam etiket

v  Istilah “Etiket” berasal dari Bahasa Prancis yaitu “etiquette” yang berarti kartu undangan kerajaan.
v  Namun sekarang etiket lebih diartikan sebagai suatu tata cara dalam melakukan sesuatu, seperti cara berbicara, cara berpakaian, cara duduk, dll.
v  Menurut Sulistyaningrum, etiket adalah :
ü  Kumpulan tata cara dan sikap yang baik dalam pergaulan antar manusia beradab
ü  Tata krama, sopan santun, atau aturan yang telah disetujui oleh masyarakat dan menjadi anutan dalam bertingkah laku
ü  Tata peraturan pergaulan yang disetujui oleh masyarakat tertentu dan menjadi norma dana anutan dalam bertingkah laku di masyarakat
v  Manfaat menjalankan etiket kantor:
ü Menjaga hubungan baik dengan rekan kerja
ü Membuat seseorang disegani, dihormati, dan disenangi
ü Memberi keyakinan kepada diri sendiri dalam setiap situasi
ü Dapat memelihara suasana yang baik di lingkungan kerja
ü Membantu membangkitkan kepercayaan diri
v  Etiket menghadap atasan
ü  Mengetuk pintu terlebih dahulu, jangan masuk sebelum dipersilahkan
ü  Baru duduk setelah dipersilahkan
ü  Tidak meletakkan tangan atau barang pribadi di meja atasan
ü  Tidak menaruh kaki diatas kaki yang lain
ü  Menutup pintu kembali seperti keadaan semula

v  Etiket duduk, berdiri, dan berjalan
ü  Jika sedang duduk, bila didatangi atasan atau orang yang lebih  tinggi kedudukannya, sebaiknya berdiri dan mempersilahkan duduk
ü  Jika sedang berdiri, tidak boleh berkacak pinggang, memasukkan tangan ke dalam saku, bersilangan tangan, atau bersandar pada tiang atau dinding
ü  Saat berjalan tidak boleh menyeret sepatu

v  Etiket berpakaian
ü  Hendaklah rapi, bersih, dan sederhana
ü  Disesuaikan pada tempatnya
ü  Menggunakan pakaian sopan, tidak terlalu sempit, dan tidak menunjukkan aurat

v  Etiket berbicara
ü  Kuasai topik dengan baik
ü  Perhatikan lawan bicara
ü  Sesuaikan volume suara saat berbicara
ü  Sesuaikan kecepatan dan gaya berbicara
ü  Tataplah lawan bicara dan senyum seperlunya
ü  Lakukan persiapan mental, terutama berbicara di muka umum
ü  Perhatikan penampilan fisik.

berikut adalah contoh etika masuk ke ruang kepala kantor:

cukup sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar